Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VA SD Negeri 058 Balai Makam Duri

Elvera Gustina, Zetriuslita ,, Mefa Indriati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar matematika dengan penerapan Pembelajaran Kooperatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VA SDN 058 Balai Makam Duri tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 orang siswa dengan kemampuan heterogen pada semester ganjil. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes dan pengamatan. Teknik pengamatan dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan yang dianalisis secara kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Selain itu, pada penelitian ini juga dianalisis ketercapaian ketuntasan belajar dengan membandingkan skor sebelum tindakan dengan sesudah tindakan yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah penerapan kooperatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VA SDN 058 Balai Makam Duri. Hal ini terlihat dari jumlah siswa yang tuntas pada skor dasar yaitu 16 orang (50%) dan pada UH-1 19 orang (59,3%) dan pada UH-II 28 orang (87,5).

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar Matematika.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.