Penerapan Metode Diskusi Kelas dengan Menggunakan Kognitif Belajar Mahasiswa Semester V pada Mata Kuliah Anatomi Fisiologi Manusia FKIP Universitas Islam Riau.

Sepita Ferazona

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan biologi semester V matakuliah anatomi fisiologi manusia pada materi system sirkulasi dan system respirasi setelah diterapkannya metode diskusi kelas dengan menggunakan handout. Instrumen pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar mahasiswa yaitu soal quis di akhir pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan pada bulan September 2015 sampai dengan Oktober 2015. Berdasarkan hasil data yang telah dianalisis secara diskriptif dapat dilihat bahwa pada siklus 1 rata-rata nilai daya serap sebesar 77,47%. Hasil belajar siswa pada siklus 2 rata-rata daya serapnya sebesar 83,72% meningkat sebesar 6,25% dari rata-rata nilai daya serap pada siklus 1.

Kata Kunci: Metode Diskusi Kelas, Handout dan Hasil Belajar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.