Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Terhadap Rekomendasi Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Puskesmas Di Kota Pekanbaru

Syaefulloh .

Abstract


Penelitian ini membahas hubungan antara kualitas pelayanan, kepuasan dan rekomendasi pasien rawat jalan di Pukesmas Kota pekanbaru. Secara lebih spesifik tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas kota Pekanbaru. 2. Untuk mengetahui pengaruh tingkat kepuasan pasien terhadap rekomendasi kepada pihak lain untuk memanpaatkan pelayanan kesehatan di puskesmas Kota Pekanbaru.

Responden dalam penelitian ini sebanyak 155 orang dengan kriteria memiliki pendidikan minimal SMP dan lebih dari satu kali menjalani rawat jalan di Puskesmas Kota Pekanbaru.Penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan aplikasi Software Analysis Moment of Structure (AMOS) dan Special Package For StatisticScience (SPSS)

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Kota Pekanbaru. 2. Kepuasan pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap rekomendasi kepada pihak lain agar memanfaatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Kota Pekanbaru.

Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis bahwa pihak manajemen pukesmas yang ada dikota Pekanbaru khususnya untuk rawat jalan harus lebih menekankan agar reliability, responsiveness, tangibles,assurance dan empathy tetap terjaga karena kelima dimensi tersebut memiliki pengaruh yang besar terhadap kepuasan dan rekomendasi yang memegang peranan yang sangat penting dalam hal pemasaran rawat jalan Puskesmas di Kota Pekanbaru. Implikasi praktis dari hasil penelitian ini adalah dapat digunakan sebagai acuan oleh pihak manajemen puskesmas untuk meningkatkan kinerja kualitas pelayanan rawat jalannya berdasarkan 31 indikatornya.

 

Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien dan Rekomendasi


Full Text:  Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats