Pola komunikasi pelaksanaan program pengembangan lingkungan hidup (Studi kasus di SD BPI Bandung)

Eka Fitri Qurniawati

Abstract


Penelitian ini merupakan studi Ilmu Komunikasi dari sudut pandang bahwa strategi komunikasi adalah bagian penting dalam pembentukan program pengembangan karakter dilaksanakan melalui lingkungan Dalam di Sekolah Dasar BPI Bandung.  bertujuan untuk menemukan dan komprehensif menggambarkan strategi komunikasi yang dilakukan oleh SD BPI Bandung dalam membangun karakter lingkungan siswa melalui program mengembangkan lingkungan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan untuk memahami lingkungan hubungan sebab akibat dengan manusia atau saling membutuhkan, sehingga manusia membutuhkan lingkungan, dan lingkungan juga ditentukan oleh kehadiran manusia. Rasa memiliki terhadap lingkungan, sehingga lingkungan sangat mempengaruhi kenyamanan individu di suatu tempat. Serta pentingnya peran lingkungan dalam kehidupan manusia baik untuk sekarang dan masa depan. Pola komunikasi yang terjadi dalam pelaksanaan program bina lingkungan dilaksanakan oleh SD BPI Bandung  adalah komunikasi tatap muka dengan satu arah. Ini berarti bahwa semua sumber informasi atau pesan tentang lingkungan yang diperoleh siswa melalui guru, guru yang baik bertindak sebagai pelajaran guru, dan guru sebagai pengawas kegiatan ekstra kurikuler dibantu oleh duta lingkungan di sekolah. Kata kunci : Pola komunikasi, SD BPI Bandung, Program pengembangan lingkungan hidup.  



ABSTRACT

This research is a study of communication science from the point of  view that the communication strategy is an important part in the formation of character development program implemented through the environment in elementary School BPI Bandung. This study aims to discover and comprehensively describe the communication strategy conducted by elementary school BPI Bandung in build the character of environmental concernon students through program development environment using the case study method. Results of this study concluded that the informant to make sense of the environment The environment has acausal relationship with human or need each other, so that man needs the environment, and the environment is also determined by the presence of humans. Sense of belonging to the environment, so the environment greatly affects the comfort of the individual in a place. As well as the importance of the role of  the environmentin human life for both present and future. Forms of communication that occursin the implementation of environmental development program implemented by BPI Bandung Elementary Schoolis a face- to-face communication (face to face communication) withone-way. This means that allsources of information or messages about the environment to btained by students through teachers, good teachers actaste a cherlesson, and the teacheras supervisor of extracurricular activities are assisted by student ambassadors gathered in the environment. Keywords:SD BPI Bandung. Environment development programs

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats