The Use Of Picture Series On Students’ Writing Ability Of The First Year Students Of Sma Ylpi Marpoyan Pekanbaru

Rugaiyah M.Pd

Abstract


Penelitian ini adalah sebuah penelitian tindakan kelas yang menggunakan Gambar berseri dalam  pengajaran   writing.   Penelitian   ini  dilaksanakan   di  SMA  YLPI   Marpoyan Pekanbaru di kelas 1 tahun akademik 2012/2013. Sampel penelitian ini berjumlah 29 orang yang dipilih melalui teknik sampling. Permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas 1 SMA YLPI dalam mempelajari writing adalah indicator writing itu sendiri yang terdiri atas; content, organization, grammar, vocabulary, dan mechanic. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dan menggunakan tes, observasi, interviu dan catatan sebagai instrumen. Hasil  penelitian  menunjukan  bahwa  penggunaan  gambar  berseri  dalam  pengajaran writing dapat mengatasi permasalahan siswa atau meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui melalui hasil penelitian yang menunjukkan bahwa hasil test writing siswa pada setiap indikator writing meningkat yaitu, content siswa memperoleh 2,44 pada tes awal, pada siklus siswa memperoleh   3,09 , and pada siklus   II siswa memperoleh nilai 3,3.. Hasil tes siswa   pada indikator organization di level tes awal adalah   2,01 , pada siklus I adalah   2,77, dan pada siklus II adalah   3,14. Hasil siswa pada indikator grammar pada level tes awal adalah 1, 38, pada siklus I adalah 2, 06 , dan pada siklus  II adalah 2, 93.  Hasil tes siswa  pada indikator vocabulary pada level  tes awal adalah 1,82, pada siklus  I adalah 2, 65, and siklus II adalah 3,24. Kemudian  yang terakhir  hasil tes siswa  pada indikator mechanic pada level te awal adalah  1,71, pada siklus I adalah 2,65, dan pada siklus  II adalah 3,19.

Kata Kunci:  Picture Series, Students’ ability, and writing Ability

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats