IMPLEMENTASI PELAYANAN SAMSAT CORNER DALAM RANGKA MENINGKATKAN PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR

Pahmi Amri

Abstract


Seiring dengan dikeluarkannya Peraturan Bersama Gubernur DIY, Kapolda DIY serta Direktur Operasi PT. Jasa Raharja Nomor : 35 Tahun 2008, Nomor: B/4820/XI/2008 serta Nomor : SKEB/12/2008 mengenai program peningkatan pelayanan prima SAMSAT, dibentuklah SAMSAT Corner. Pajak kendaraan bermotor (PKB) merupakan salah satu penerimaan pajak yang mempengaruhi tingginya pendapatan daerah. Oleh karena itu, perlu adanya optimalisasi dari penerimaan PKB melalui berbagai upaya yang mampu meningkatkan jumlah pendapatan dari sector ini, salah satunya adalah dengan cara meningkatkan kepuasan WajibPajak (WP) kendaraan bermotor melalui pemberian kualitas pelayanan yang optimal. Berdasarkan uraian tersebut peneliti ingin mengetahui implementasi pelayanan samsat Corner galeria mall dalam rangka peningkatan pelayanan pajak kendraan bermotor tahun 2014.Analisis yang telah dilakukan oleh peneliti menyipulkan bahwa implementasi pelayanan samsat Corner Galeria Mall telah berjalan dengan baik, memberikan dampak positif kepada masyarakat (wajib pajak) kendaraan bermotor. Namun regulasi yang mengatur secara khusus pelayanan samsat Corner Galeria Mall belum optimal, sehingga dapat dikaji kembali agar bisa membentuk peraturan yang jelas untuk pelayanan samsat Corner.

Kata kunci :Implementasi Pelayanan Publik

 

ABSTRACT

Along with the issuance of the Joint Regulation of Governor of Yogyakarta Special Region, Regional Police Chief of Yogyakarta Special Region, and Operational Director of PT. Jasa Raharja No.35 Year 2008 No:B/4820/XI/2008 and No: SKEB/12/2008 about the program to improve SAMSAT’s excellent service, SAMSAT Corner was established. Vehicle tax is one of tax incomes which affects regional income. Therefore, it is necessary to optimize the tax revenue of vehicle through various efforts. One of the ways is by improving the satisfaction of vehicle taxpayers by giving an optimal service quality. Based on the explanation above, the researcher was eager to find out the implementation of SAMSAT Corner service at Galleria Mall in order to improve vehicle tax in 2014.Based on the analysis, it can be concluded that the implementation of SAMSAT Corner service at Galleria Mall has run well and it gives positive effects to society (vehicle taxpayers).However, the regulation that rules the operation of SAMSAT Corner service at Galleria Mallis not optimal yet, so it is necessary to study it again in order to have a clear regulation about SAMSAT Corner service.

Key words: The implementation of public service


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats